KONSEP DASAR NEW MEDIA
1. Definisi
New Media
New
Media(Media Baru) adalah kemunculan atau perubahan sesuatu yang menjadi lebih
bermanfaat mencakup kemunculan
digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di
akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai
media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
·
MENURUT PARA
AHLI :
-
Everett M. Rogers
perkembangan
media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua,
era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi
interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi
interaktif.
-
Ron Rice
media baru
adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik
mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk
berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
-
McQuail
tempat dimana
seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite
meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam
proses komunikasi yang semakin meningkat.
-
Marshall McLuhan
perkembangan
teknologi komunikasi yang berperan dalam memperluas jangkauan komunikasi
manusia, sehingga dapat disimpulkan bahwa istilah media baru tidak berujuk pada
suatu teknologi yang spesifik. McLuhan juga menyatakan terkait media baru bahwa
teknologi komunikasi yang baru dapat menghasilkan efek budaya yang luas, sulit
diprediksi, mengganggu, dan mengubah dinamika hubungan manusia.
-
Lievrouw dan S. Livingstone
menggabungkan teknologi informasi komunikasi beserta konteks sosial dan
membawanya bersama tiga buah elemen yaitu alat-alat dan artefak komunikasi;
kegiatan, praktis, dan penggunaan; dan organisasi sosial yang terbentuk di
sekitar alat dan praktis.
-
Lisa Gitelman dan Geoffrey B. Pingree
semua
media yang pada masa sebelumnya disebut sebagai “new media” dan media
darurat yang dipandang sebagai media yang memiliki potensi maupun resiko.
Ketika
kita berbicara tentang new media maka tidak akan
lepas dari media lama. Dalam artian, kelahiran dan perkembangan media baru
diawali oleh kelahiran dan perkembangan teknologi media lama. Sejatinya,
kehadiran media baru tidaklah menggantikan media lama, hanya saja berbagai
varian media komunikasi kini telah hadir karena didukung adanya inovasi baru
dalam teknologi komunikasi yang terus berkembang tanpa henti dan sangat
cepat.
2.
Pandangan
New Media
-
Pandangan
Masyarakat
masyarakat memandang perubahan new media saat ini
membantu mereka dalam segala hal dan mereka tidak dapat ketinggalan informasi
yang penting melalui media yang telah di upgrade. Masyarakat sangat mendukung
New Media karena mereka tidak di rugikan melainkan mendapatkan keuntungan yang
besar di dalamnya.
-
Pandangan
Pemerintah
Pemerintah memandang New Media memiliki banyak manfaat
tapi disamping itu mereka juga merasa takut dengan New Media. Takut karena bisa
saja situs pemerintah dapat di retas oleh orang orang yang tidak bertanggung
jawab.
-
Pandangan Medis
Pandangan dari medis mereka mendapatkan banyak manfaat
karena mereka dapat memiliki teknologi yang lebih akurat di bandingkan dengan
sistem kesehatan sebelumnya.
3.
Manfaat
New Media
·
Bidang
Pendidikan
Dalam
bidang ini, tentunya manfaat new media sangat besar, dan di rasakan sekali oleh
para pelajar atau mahasiswa. Para pelajar atau mahasiswa seperti saya bisa
mencari bahan bahan materi yang di perlukan oleh mereka, jadi kita dapat
mengurangi biaya dalam membeli buku, karena kita bisa men-download suatu buku
digital yang isinya adalah bahan-bahan materi yang kita perlukan, dan filenya
bisa kita simpan dalam direktori yang ada dalam laptop ataupun notebook, jadi
lebih simple dan praktis, tinggal membawa laptop atau notebook kita jika
diperlukan tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.
·
Bidang
Kesehatan
Dalam
bidang ini ,banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang
sedang sakit, atau orang yang ingin mencari sesuatu bahan alami untuk menjaga
kesehatan. Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang
tradisional.
·
Bidang
Pencarian Kerja
Dalam
bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang – orang yang ingin mencari
pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa menetahui lowongan pekerjaan,
tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap
instansi / perusahaan memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari
instansi itu. Melalui New Media juga para pelamar kerja bisa mendaftar lewat
online.
·
Bidang Jula
Beli
Bidang
ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang – orang, manfaatnya dapat
dirasakan pembeIi cukup melihat gambar/photo barang lalu melihat kode barang
dan membuat pesan di website tersebut yang isinya adalah nama, no rek, kode
barang dan kode post, jadi tidak perlu datang ke store-store yang menjual
barang tersebut. Transaksi pembayaran dapat di lakukan dengan menggunakan
ATM/ebanking dll. Lalu manfaat yang dirasakan oleh penjual adalah dia dapet
menjual barang ke manapun. Dan pengiriman barangpun dapat menggunakan jasa
pengiriman barang seperti GNE, Kantor Pos, Dll. Namun terkadang kualitas barang
yang dijual tidak sebagus barang yang ada digambar / photo, dan bagi anda yang
ingin membeli barang via Internet juga harus waspada akan penipuan. Di sini ada
juga forum jual beli yang lumayan banyak di akses orang yaitu kaskus.
·
Bidang
Sosial
Bidang
yang sekarang paling banyak di akses oleh orang-orang, karena banyak sekali
website yang bisa kita akses untuk melakuakan kegiatan sosial, salah satunya
Facebook, Friendster, Twitter, My Space, Yahoo Messangger, Yahoo dan lainnya.
Melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada
di manapun, di website kita juga dapat mengirim photo,video dll.
4. Komponen New Media
o
Personal Komputer (PC) / Notebook
o
DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
o
VCDs (Compact Discs)
o
Portable Media Player.
o
Mobile Phone / Smart Phone.
o
Video Game/ Game Computer.
o
Virtual Reality
5. Aplikasi New Media
o
Google,
Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian
sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita dan informasi
tertentu.
o
CNN,
BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk
memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
o
Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan
layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan (
streaming) dan berita secara audio visual.
o
Twitter,
Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog
dan social network sebagai sarana komunikasi langsung dengan sesama user yang
sengaja dibagikan kepada publik.
o
BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan
pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada
yang menyediakan buku elektronik (e-book).
SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru
https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
https://pakarkomunikasi.com/teori-new-media
https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-manfaat-new-media/
https://choulatinsholihah.wordpress.com/2017/10/08/new-media-definisi-manfaat-komponen-dan-aplikasinya/
SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru
https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
https://pakarkomunikasi.com/teori-new-media
https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-manfaat-new-media/
https://choulatinsholihah.wordpress.com/2017/10/08/new-media-definisi-manfaat-komponen-dan-aplikasinya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar